Le Voyage de la Vie

Antara Baca dan Nonton

Posted on: August 19, 2011

Kalau ditanya lebih suka mana antara baca atau nonton, aku bakal jawab baca. Seperti yang pernah aku tulis di sini, aku suka baca novel. Selain novel, aku juga suka baca macem-macem bacaan lain seperti komik (sejauh ini sukanya komik Jepang), buku nonfiksi, koran, sampai bacaan di dunia maya seperti blog. Dulu sih jaman masih tinggal di rumah, kayaknya aku satu-satunya orang di rumah yang baca semua bagian koran, mulai halaman depan, olahraga, sampai berita lokal dan artikel. Dengan baca aku jadi bisa tahu banyak hal, termasuk hal-hal unik yang sebelumnya ga pernah dengar. Dengan baca juga, terutama bacaan fiksi, aku bisa membayangkan diriku ada disana, ikut larut dalam ceritanya πŸ˜€ Bahkan sering sampai kebawa mimpi. Dulu aku paling seneng kalau dikado buku. Tapi lama-lama kurang berharap dikasih buku sih, karena kadang ada yang ngasih buku yang udah pernah aku baca, bahkan masih inget banget ceritanya. Kayak kado ultah keberapa itu dari mantan, si Mr. A.

Soal nonton, aku juga suka sih sebenernya. Malah di waktu dan kondisi tertentu aku lebih milih nonton daripada baca. Misalnya kemarin di kereta waktu balik ke Bandung habis kerja praktek, aku nonton 9 episode drama Korea, Secret Garden, yang tiap episodenya sekitar 1 jam πŸ˜€ Aku juga suka nonton film layar lebar *jiah, masih ada ya istilah begini* tapi khusus untuk film yang bagus dan seru buat ditonton di bioskop. Sayang duit, maklum anak kosan. Selain itu aku juga sering nonton di laptop, film lepas ataupun serial.

Tapiiii, bagaimanapun juga aku masih lebih suka baca. Kenapa? Pertama karena kalau baca, khususnya novel tanpa ilustrasi, aku bisa membayangkan situasinya. Punya gambaran situasi ceritanya di kepala itu asyik deh. Bahkan kadang kalau ada buku yang diadaptasi ke film, sebut saja Harry Potter, aku sering agak gimana gitu karena merusak imajinasiku tentang cerita itu πŸ˜› Kedua dan ini yang pengaruh banget, kalau baca aku bisa mengatur kecepatan baca alias paceΒ sesukaku. Aku sih termasuk orang yang kecepatan bacanya lumayan cepet. Tapi kalau ada hal-hal yang pengen aku perhatikan detail, kecepatan baca kan bisa langsung dikurangi, atau kalo mau balik satu dua kalimat gampang aja. Nah kalau nonton kan mau nggak mau harus mengikuti kecepatan cerita yang disajikan. Emang sih kalau nonton DVD atau di laptop bisa rewind atau fast forwardΒ tapi tetep aja tidak sefleksibel kalau baca. RewindΒ sih mungkin cuma bikin jadi lebih lama, tapi kalau lagi bagian membosankan dan di-fast forward, bisa-bisa ada info penting yang malah nggak ketangkep sama kita.

Nah jadi kalau ditanya lebih suka mana antara baca dan nonton, aku bakal jawab baca. Tapi kalau pertanyaannya pilih mana baca atau nonton, jawabanku yaaa dua-duanya hehehe πŸ˜€

Tags: ,

8 Responses to "Antara Baca dan Nonton"

Saya juga suka dengan membaca daripada nonton, karena menurut saya baca(terutama baca novel) itu melatih imajinasi kita, saat kita membaca novel atau cerita, otak kita memroses bacaan dan memberikan imajinasi yang luas, tentunya interpretasi kita setelah membaca lebih banyak daripada nonton πŸ˜€
Salam kenal yaa πŸ™‚

nah iya tuh,asyiknya bisa berimajinasi sesuka kita
salam kenal juga πŸ™‚

kamu tahu nicil, ketika kamu membaca, kinerja otakmu bekerja jauh lebih maksimal ketimbang kamu menonton. itu artinya kamu akan lbh cpt lelah membaca daripada ktka menonton. tapi efek jangka panjangnya, kamu akan jauh lebih cerdas daripada konsumer pecinta televisi. so keep reading gals… ^^

oh gitu ya? oke deh,bakal makin sering baca πŸ™‚

saya lbh suka nonton.
kalopun baca, ya baca blognya orang, hehehe πŸ˜€

penasaran deh sama Secret Garden…

kayaknya blogging udah mendarah daging nih yee πŸ˜‰
Secret Garden oke lhooo,banyak temenku yang suka,dapat macem-macem penghargaan juga
itu romantic comedy,jadi waktu nonton kadang bisa ngakak, kadang bisa sampe nangis-nangis bombay
malah saya nontonnya di kereta,sepanjang perjalanan sby-bandung,udah kayak orang freak gitu nyengir-nyengir terus mbrebes mili πŸ˜›

Saya lebih suka baca sih…
Nonton hanya kalau bener2 ada film bagus atau waktu luang…
Seperti sekarang ini, semangat saya nonton sedang menggebu-gebu. πŸ™‚

samaaaa
haha jadi inget kemaren beres KP langsung kalap nonton harpot,fast 5 πŸ˜€

Leave a Reply

