Le Voyage de la Vie

Mengelola Keuangan

Posted on: September 15, 2011

Judulnya kok lumayan serius ya? Hehe :mrgreen:

Ide buat nulis ini tadi datang waktu aku lagi ngisi daftar pengeluaran bulanan. Aku punya file excel yang isinya daftar pengeluaran tiap harinya. Satu sheet tiap bulan. Biar lebih terkontrol aja sih. Berhubung masih kuliah dan belum punya penghasilan tetap, jadi pengelolaan keuanganku sih lebih ke pengelolaan pengeluaran. Kalupun semester-semester kemarin ada pemasukan tambahan dari ngajar les atau honor asisten, biasanya buat suatu pengeluaran yang memang terencana sejumlah itu (misal, buat les atau beli kamera). Jadi nggak ngaruh banyak ke pengelolaan keuangan rutin.

Aku mulai belajar kelola duit sendiri ini dari SD, sekitar kelas 3 kalo ga salah. Waktu itu aku mulai dikasih uang saku mingguan dan dibukain rekening tabungan. Bank-nya deket sekolahku, jadi kalo mau nabung bisa pergi sendiri. Karena dasarnya aku emang ga doyan jajan waktu kecil dulu, jadilah acara ngisi tabungannya lumayan rutin. Berlanjut sampai ke SMP dan SMA. Nah, kalau waktu akhir SMA ini sempat punya duit sendiri dalam jumlah yang lumayan, hasil dari lomba. Karena rejeki macam ini sayang kalau habis gitu aja buat jajan tau hal-hal kurang penting, waktu itu langsung ‘dirupakno’ kalau istilah orang Surabaya ya πŸ˜€ Maksudnya langsung dibelikan barang yang emang diperlukan. Barangnya adalah benda yang dipake ngetik postingan ini, hehe. Emang perlu sih waktu itu, habis repot juga kayaknya kalo kuliah teknik begini ga ada laptop.

Nah, masuk kuliah baru kerasa perbedaan yang cukup signifikan. Dari yang dulunya cuma mengelola duit buat jajan dan transport, sekarang harus mengelola kebutuhan makan, tempat tinggal, dan keperluan kuliah juga. Kalo dulu cuma ngatur uang saku mingguan, sekarang aku biasanya ambil uang tiap bulan yang buat bayar kos dan sebulan dua kali kalo buat kebutuhan hidup. Males ngantrinya di ATM dong kalo seminggu sekali mesti ambil. Dan berhubung sebagian adalah dari beasiswa, pengaturannya mesti bener-bener hati-hati. Dan satu lagi perbedaan terbesar, kalo dulu ke bank buat ngisi tabungan, sekarang buat ngerampok ngambil duit di ATM πŸ˜›

Bikin daftar pengeluaran itu sangat membantu sih kalo buatku. Jadi biasanya kalo ada pengeluaran yang agak besar, bisa diseimbangkan dengan menghemat pos lain. Contohnya kalo perlu beli banyak buku, ya makan di luar yang macem-macem dikurangi. Butuh komitmen dan pengendalian diri sih πŸ˜† Nggak enaknya dari cara ini, biasanya kalo habis belanja banyak (misalnya pas sabun, sampo dan segala kebutuhan printilan gitu habis), langsung berasa deh. Keliatan banget pengeluarannya banyak πŸ˜₯

Advertisements

10 Responses to "Mengelola Keuangan"

tulisan ini menarik sekali πŸ˜‰ … siapa ya kelak yg menyuntingmu … pasti cepat kaya deh … pengelola keuangannya sangat menitik beratkan kepada ‘skalla prioritas … pastilah ‘pembelian yg sia2 n gk perlu selalu tertkontrol … nicee …

haha,kalo kata mama saya kadang menjurus pelit πŸ˜›
hmm kalo soal siapa yang menyunting,bolehlah dicariin πŸ˜†

setuju! nyatet detail pengeluaran itu penting banget… jadi kita tau duit kita lari kemana aja…

beli yg penting2 dulu, bikin anggaran operasional harian … sisanya buat jaga2 kalau ada kepentingan mendadak

hmm okeee,makasih tipsnya πŸ™‚

sama mbak, dhe juga dulu mulai mengelola uang sendiri pas SD kelas 5 kalo gk salah.. dikasih uang bulanan sama ibu, jadi pas awal bulan serasa jadi orang kaya, tapi kalo pas akhir bulan udaah jarang banget ke kantin.. hahahahahaha πŸ˜€

wah hebat dari SD udah bisa kelola uang bulanan,saya mah cuma mingguan πŸ˜€

Kayaknya tante harus belajar dari Nina tentang menuliskan semua pengeluaran bulanan… 😦

saya kadang-kadang masih suka lupa, terus kalo udah 3 hari gitu bingung udah belanja apa aja
yang diinget cuma angkot yang tiap naik 1500 itu πŸ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: