Le Voyage de la Vie

Teknologi: Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat

Posted on: December 6, 2012

Beberapa waktu lalu sempat mengobrol dengan seorang teman, menyangkut perkembangan teknologi, khususnya di bidang telekomunikasi. Sekarang ini, khususnya di Indonesia, dan terutama lagi di kota besar, nyaris semua orang punya alat telekomunikasi pribadi, yaitu HP. Jaringan internet juga sudah gampang didapatkan dimana-mana. Memudahkan hidup? To a certain point, yes. Mendekatkan yang jauh? Ya benar. Coba contohnya lewat blog seperti ini aku jadi bisa berkomunikasi, slaing berkomentar, dan tau secuplik kehidupan dari orang-orang yang memang sudah dikenal tapi secara geografis jauh (seperti memtike), kenalan baru yang ada di lain pulau (seperti mel), atau bahkan luar negeri (seperti zilko). Telepon pun juga semakin murah, mamaku bisa nelpon kapan aja tanpa heboh biaya interlokal seperti yang aku tau jaman aku SD dulu. Temanku yang orang tuanya di luar negeri juga sering ditelepon via VoIP.

Nah tapi, disadari atau tidak, teknologi juga bisa menjauhkan yang dekat. Sekarang ini sering kan lihat ada beberapa orang duduk berdekatan tapi sibuk dengan gadget masing-masing. Bukannya membangun interaksi sosial yang nyata, tapi justru sibuk dengan interaksi di dunia maya. Memang sih, kadang apa yang ada di gadget itu penting, seperti berita penting atau email penting. Dan aku sendiri juga nggak sok suci, aku pun juga sering ngecek HP di tengah keramaian. Dan jujur saja, misalnya di lingkungan tempat tinggal, aku nggak kenal dengan penghuni kos sebelah-sebelah. Justru teman baru lebih banyak di dunia maya.

Hmm, jadi aku pikir sih seharusnya meski teknologi telekomunikasi sudah sedemikian majunya, interaksi sosial nyata tetap nggak boleh dilupakan. Bagaimanapun misalnya kita jatuh (dalam arti sebenarnya, kepeleset mungkin), ketusuk jarum, atau keiris pisau, yang akan menolong kan orang yang secara fisik dan geografis dekat, bukan yang dekat via dunia maya saja. Tapi di sisi lain, punya kenalan, teman, dan kontak sebanyak dan seluas mungkin juga nggak ada ruginya, justru banyak sisi positifnya. Jadi ya mesti seimbang 😀

Advertisements

4 Responses to "Teknologi: Mendekatkan Yang Jauh, Menjauhkan Yang Dekat"

iya bener nin.. sekarang orang2 (termasuk aku sih sebenarnya) sibuk ama gadget masing2..
aku pribadi sih sedang berusaha mengurangi penggunaan gadget dan memaksimalkan obrolan kalau lagi sama teman/orang yang kukenal..
tapi kalau lagi di tempat antah berantah tanpa kenalan seorangpun (bandara misalnya), tetep deh hape/ipod jadi pelarian..

Bener banget, memang kalau kita tidak bijak menggunakan teknologi ini, teknologi ini bisa berakibat buruk ya 🙂

Kalau sudah pegang gadget orang jadi sibuk sendiri yak. Nggak menyapa kanan kiri. Kadang kalau disapa pasang tampang muka jutek. Pengennya nonjok aja 😀

Nah iya kaaan, semoga kita nggak gitu ya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: