Le Voyage de la Vie

Liburan Hemat (Part 1)

Posted on: October 19, 2015

Ups, sudah 3 tahun ternyata aku nggak nulis disini 😀
Setelah lulus kuliah tahun 2012, aku kerja di Jawa Timur, seminggu sekali bisa pulang ke rumah. Di rumah dan di tempat kos nggak ada internet kabel/wifi, jadilah kegiatan ngeblog lama-lama terlupakan. Sejak sekitar setahun lalu aku pindah ke Jakarta, di kos ada internet sih, tapi sudah terlanjur kehilangan motivasi nulis. Hehehe maaf~
Anyway, kali ini ada yang aku pengen ceritakan. Minggu lalu aku liburan super hemat ke Kuala Lumpur. Paket penerbangan pulang pergi dan hotel (bintang 3, untuk 2 malam, 2 orang sekamar) dapat promo seharga Rp 600.000. Pengeluaran selama disana total RM 220 (sekitar Rp 725.000). Ditambah ojek, bus, dan taksi dari kos ke bandara dan bandara ke kos, ya sekitar Rp 1,5 juta lah 😀


Dan liburan kali ini cukup mendadak, baru direncanakan dipesan sekitar 3 minggu sebelumnya. Impulsif lihat promo ceritanya. Bulan September kemarin aku lihat ada promo paket tiket pesawat dan hotel untuk bulan Oktober ke KL, mulai dari 400 ribuan untuk 2 malam. Kebetulan bulan Oktober aku bakal dapat off days setelah kerja di site. Aku mikir, mau ajak siapa ya? Risa temanku liburan ke Singapura tahun lalu sudah ke Malaysia baru-baru ini. Jadilah aku ajak Ilma, teman kuliahku. Dia juga suka traveling, dan benar saja, begitu aku kasih tau harga promonya, langsung tertarik.
Kami berangkat Rabu siang, karena penerbangan yang pagi mahal hahaha. Sebelumnya sempat kuatir juga karena di KL lagi ada kabut asap, tapi untungnya belakangan sudah sering hujan jadi udaranya jauh lebih bersih. Sampai di KLIA, kami naik bus ke kota karena harga tiket bus RM 11, sementara kalau kereta RM 35. Waktu tempuh bus sekitar 1 jam kalau lancar, sementara kereta sekitar 30 menit. Baik bus atau kereta berhenti di KL Sentral, pusat transportasi KL. Disini juga merupakan stasiun LRT, KTM, dan dekat dengan stasiun Monorail. Karena sudah sore dan kami lapar, kami makan dulu. Nasi goreng Tom Yum di foodcourt KL Sentral. Agak salah pesan sih sebetulnya, karena masaknya lama. Harusnya kalau sudah lapar berat, pilih yang prasmanan aja.

Me and Tom Yum Fried Rice

Me and Tom Yum Fried Rice

Setelah makan, kami jalan kaki ke hotel yang cuma sekitar 600 m. Waktu check in sempat lihat kalau rate hotel RM 140 untuk dua malam. Jauh lebih murah dari hotel di Jakarta ya? Padahal ini hotelnya bintang 3. Dan begitu masuk kamar, kami agak kaget dengan bagusnya kamar hotel, mengingat harganya yang segitu. Kamarnya berkarpet dengan dua tempat tidur single yang agak lebih lebar dari tempat tidur di kosan. Ada TV, setrika dan papan setrika, hair dryer, pemanas air untuk kopi/teh, dan kamar mandi dengan shower air panas. Setelah sholat dan istirahat sebentar, kami langsung menuju Sri Mahariaman Temple dan Petaling Street. Niatnya naik bus RapidKL, tapi setelah kami nunggu di halte beberapa lama, semua bus yang lewat nggak ada yang berhenti. Zzz, kenapa ya? Halte yang itu memang sepi dan nggak ada penumpang lain. Jadi kami juga agak ragu apa harus stop bus pakai tangan atau semua bus berhenti di semua halte seperti Transjakarta? Akhirnya kami jalan lagi ke halte KL Sentral yang lebih ramai dan berhasil naik bus sampai ke Pasar Seni, dekat Sri Mahariaman Temple. Tarifnya RM 1 per orang. Sri Mahariaman Temple bagus banget, tapi kami lihat dari luar saja karena lagi ada ibadah atau acara sepertinya. Kalau Petaling Street, ya mirip-mirip Bugis Street Singapura, atau mungkin Blok M. Barang-barangnya sama dong. Pulangnya kami naik bus lagi dan ternyata bisa diturunkan pas depan hotel. Berangkatnya hampir sejam karena penuh keraguan, eh pulang cuma 10 menit.

Sri Mahariaman Temple

Sri Mahariaman Temple

Hari kedua, kami pagi-pagi pergi ke Batu Caves. Sebelumnya sarapan dulu di Subway sandwich di KL Sentral. Subway ini adalah franchise sandwich yang ada di berbagai negara tapi entah kenapa di Indonesia nggak ada. Enak banget, beda sama burger di fast food sini. Dagingnya banyak nggak cuma selembar tipis, bisa pilih sayuran dan saus sesuka hati. Lagi ada promo diskon 50% untuk sandwich kedua, jadi total untuk 2 sandwich sekitar RM 19. Kami naik KTM ke Batu Caves, RM 2 per orang sekali jalan, waktu tempuhnya sekitar 30 menit. Batu Caves ini semacam temple juga, tapi di dalam gua. Bagus banget sih, tapi harus naik ratusan anak tangga. Capek juga. Di sana banyak monyet jadi harus hati-hati dengan barang bawaan. Oya Batu Caves dari keluar stasiun KTM sampai naik sebelum masuk ke gua sangat silau, untung aku sudah persiapan pakai soft lens jadi bisa pakai kacamata hitam.

Batu Caves

Batu Caves

Setelah dari Batu Caves, kami ke KL Tower. Untuk menuju ke KL Tower kalau dengan kendaraan umum harus jalan dari stasiun LRT Dang Wangi sampai ke gerbangnya, lumayan jauh juga. Dari gerbangnya ada shuttle car sampai ke dasar menara. Kami cuma naik ke observation deck berhubung sama-sama kurang nyaman dengan ketinggian 😛 Dengan kupon diskon di website, tiket masuknya jadi RM 47 per orang. Di observation deck ini baru kelihatan kalau dari jauh masih ada kabut asap. Ada teropong juga buat lihat gedung-gedung lain di sekitarnya. Puas lihat-lihat pemandangan dari ketinggian, kami pergi makan siang di Nasi Kandar Pelita, naik bus gratis Go KL. Tempatnya rame banget tapi berhubung makanannya udah mateng jadi antrinya cepet. Porsinya gede, berhubung udah lapar ya aku sih habis aja hehehe.

Setelah makan, kami ke KLCC untuk foto-foto di Petronas Tower. Sempat mampir ke mall juga, Suria KLCC buat cari pesanan kosmetik temannya Ilma di Sephora. Berhubung kurs ringgit lagi turun, harganya jadi lebih murah daripada di Jakarta lho. Dari Menara Petronas, kami lewat KLCC – Bukit Bintang Walkway. Cerita selanjutnya bersambung di tulisan lain~ Masih ada jalan-jalan di Bukit Bintang, berburu makanan halal, dan jalan-jalan ke 3 masjid.

Menara Petronas

Menara Petronas

Advertisements

8 Responses to "Liburan Hemat (Part 1)"

Waaah jd pengen 🙂

Tapi lagi kitchen-rest ya hihi (karena katanya bedrest tapi masih masak mulu) 😀

Qiqiqi… Ya kalo ndak masak kan kami makan apaaaa 😆😆

Kata pimen: kan ada G*Food 😀

Homemade food ajah duluuu…. Krn lg hamiiil hehehe….

Oiya betuuuul makanan sehat 😀

ninn, dapet promo paket flight+hotelnya darimanaa? mau jugaa 😀

Udah dijawab di WA ya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: