Le Voyage de la Vie

Posts Tagged ‘kerja praktek

Mahasiswa yang mau tahun terakhir dimana-mana biasanya ada KKN kalo nggak KP alias kerja praktek alias magang kan ya? Nah, aku kuliah di jurusan teknik jadi tidak ada mata kuliah KKN tapi ada KP di pabrik selama 1-2 bulan. Tujuan KP ini sih biar ngerti praktek langsung di dunia kerja yang akan dimasuki nantinya. Kalau di jurusanku, tempat dan partner KP ditentukan prodi. Aku sendiri dapat di kota S, di pabrik PT U *halah sok rahasia*

Nah sepulang KP dan ketemu lagi sama teman-teman, ternyata yang paling berkesan menusuk hati bukan ke kerjaan di pabriknya. Kalau itu sih menusuk otak. Tapi justru pengalaman hidupnya. Ada yang ditaksir sama orang-orang disana lah, ada yang putus sama pacar (ini gue), ada yang menghadapi perlakuan beragam dari orang-orang di pabrik, sampai yang hidup ngekos untuk pertama kalinya.

Dari semua cerita KP aku dan beberapa orang lain, jadi dapat pencerahan tentang beragamnya hidup di luar. Kalau selama ini cuma berurusan sama keluarga, teman-teman, dosen, dan lingkungan yang tidak terlalu heterogen, waktu KP wuih macem-macem yang dihadapi. Bagus banget sih, selain melatih keilmuan di pabriknya juga memberikan pengalaman hidup yang oke banget. Dan mungkin memberi jodoh juga.

Nah, kalau ceritaku sendiri mungkin nggak terlalu berwarna karena aku tinggal di rumah. Pabriknya sekitar setengah jam dari rumah sih. Tapi kerasa juga sih pengalamannya mulai dari harus keliling pabrik sendiri dan merhatiin safety (karena kalo di pabrik tempatku KP, keliling-keliling dilakukan sendiri, nggak ditemani orang sana), ketemu operator ganteng, belajar menempatkan diri di tempat yang asing dan sejujurnya nggak semua orang nampak welcome 100%, sampai menemukan keluarga yang hilang belum pernah ketemu sebelumnya. Bukan blood related sih. Jadi waktu salah satu ruang operator dan cerita-cerita kalo aku orang asli situ, salah satu bapak disana bilang kalo rumahnya satu jalan sama rumah nenekku. Usut punya usut ternyata bapak ini adalah besan dari suami barunya istri omku (omku udah meninggal beberapa tahun lalu). Rumit yah…

Yah pokoknya kegiatan luar biasa ini menghasilkan beragam cerita luar biasa dari kami deh. Sampe dua hari pertama balik ke kota ini, aku buka puasa bareng temen-temen kuliah sekalian cerita-cerita yang sampai sekarangpun belum habis. Hari ini sih nggak, karena yang lain pada kuliah sementara aku nggak ada kuliah sore. Ups udah maghrib nih, buka puasa dulu ya….

 

Advertisements